7 Situs untuk Belajar TOEFL Secara Gratis

Dalam persaingan global saat ini, memiliki sertifikat TOEFL (Test of English As a Foreign Language) merupakan hal yang cukup penting, mengingat kegunaannya dalam banyak hal. Dengan mengikuti tes TOEFL dan mendapatkan skor yang tinggi, berarti seseorang dapat dikatakan sudah memiliki kemampuan bahasa Inggris yang teruji.

Ada 3 jenis TOEFL, yaitu paper-based TOEFL (tes menggunakan kertas), CBT TOEFL (menggunakan komputer), dan iBT (berbasis internet). Saat ini yang diakui secara internasional adalah TOEFL iBT.

Sebelum mengambil tes TOEFL, ada baiknya untuk mempelajari terlebih dahulu materi yang kira-kira akan ditanyakan. Berikut kami sajikan 7 situs untuk belajar TOEFL secara gratis agar skor TOEFL Anda lebih baik.

1. Learn4good.com

Mencapai view harian hingga sekitar 200 ribu view, menjadikan situs learn4good.com salah satu situs terpopuler untuk belajar TOEFL, terutama TOEFL iBT yang dilakukan secara online maupun tertulis.

Dalam situs ini dijelaskan secara mendetail mengenai tujuan tes TOEFL, penjelasan mengenai TOEFL berjenis iBT, cara penilaian, jumlah pertanyaan di tiap sesi dan waktu untuk menyelesaikan tes.

Tidak ketinggalan, berbagai macam jenis soal yang sudah dikelompokkan berdasarkan sesi reading dan writing tersedia secara gratis. Terdapat pula soal-soal latihan yang sudah dibagi dalam topik-topik tertentu, misalnya mengenai adjective clause, adverb clause, dan sebagainya.

Situs ini menyediakan contoh 11 tes singkat dengan 25 pertanyaan di setiap tes serta 17 bagian latihan-latihan singkat. Pertanyaan-pertanyaan dalam situs ini cukup baik untuk membantu Anda mempersiapkan tes TOEFL.

2. Examenglish.com

Examenglish.com juga menjadi situs yang cukup populer untuk melatih kemampuan bahasa Inggris dalam mempersiapkan tes TOEFL.

Situs ini menyediakan informasi mengenai tempat-tempat untuk melaksanakan tes TOEFL iBT secara online, biaya yang diperlukan, serta tips-tips lainnya yang cukup bermanfaat.

Terdapat soal-soal latihan yang dibagi ke dalam 5 kategori, yaitu reading, listening, speaking, structure, dan vocabolary.

Untuk soal latihan reading, terdapat 4 bagian soal berbeda yang masing-masing terdiri dari 12-14 soal yang harus dijawab berdasarkan sebuah paragraf panjang dengan jumlah kata kira-kira 700.

Seperti biasa untuk sesi reading, topik berkisar mengenai teks akademik seputar exposition, argumentasi, serta narasi atau biografi sejarah.

Untuk soal latihan speaking, terdapat 6 bagian dengan masing-masing bagian memerlukan 20 menit. Setiap jawaban Anda akan direkam dan kemudian dinilai.

Untuk soal latihan listening, terdapat 5 lectures dan 3 conversations, dimana dari setiap materi yang diperdengarkan, Anda harus menjawab 6 pertanyaan dari lecture dan 5 pertanyaan dari conversation. Untuk menyelesaikan seluruh sesi, Anda membutuhkan waktu hanya sekitar 60-90 menit.

Terdapat 4 bagian tes struktur yang menguji seberapa dalam Anda memahami grammar bahasa Inggris. Masing-masing bagian terdiri dari 20 soal yang harus diselesaikan selambat-lambatnya 20 menit.

Di bagian vocabulary, Anda juga dapat belajar lebih lanjut mengenai berbagai kata yang perlu diketahui dan sering muncul dalam tes TOEFL. Biasanya kata-kata ini merupakan istilah akademik, terdapat 10 grup istilah yang dapat Anda pelajari.

Situs ini cukup membantu untuk belajar TOEFL, apalagi dengan view hariannya yang dapat mencapai sekitar 100 ribu view.

3. Metacafe.com

Metacafe.com merupakan salah satu situs terbesar yang menyediakan berbagai macam video, termasuk yang menunjang Anda dalam mempelajari TOEFL.

Di dalam video berdurasi singkat yang kurang dari 10 menit, Anda secara cuma-cuma mendapatkan pengetahuan lebih mengenai tips-tips meraih skor yang tinggi dalam tes TOEFL.

Contohnya saja, terdapat video mengenai tips mendapatkan 1.700 istilah yang digunakan dalam tes TOEFL, cara mengerjakan TOEFL tanpa kendala berlebih, tips meningkatkan kemampuan reading, meningkatkan konsentrasi saat tes, dan berbagai tips lainnya yang tentu sangat berguna untuk Anda yang sedang mempersiapkan diri untuk tes TOEFL.

4. Engvid.com

Walaupun tidak secara langsung menyediakan soal-soal TOEFL, namun situs ini menyediakan ribuan video untuk membantu Anda yang sedang berusaha meningkatkan skor TOEFL.

Dalam situs engvid.com, terdapat berbagai macam video yang sudah dikategorikan berdasarkan levelnya, yaitu level 1 untuk pemula (beginner), level 2 untuk menengah (intermediate), dan level 3 untuk lanjutan (advanced).

Anda juga dapat memilih pelajaran apa yang ingin ditonton dalam video, dapat berupa business english, comprehension, culture, grammar, pronounciation, speaking, vocabulary, writing, dan sebagainya.

Terdapat pula 11 guru yang bisa Anda pilih jika menyukai gaya pengajaran guru tertentu. Dengan total 1065 lessons dalam bentuk video, tentunya Anda tidak akan pernah kehabisan bahan untuk memperdalam kemampuan bahasa Inggris.

5. English-test.net

Inilah situs yang juga menyediakan berbagai macam bahan untuk mempelajari bahasa Inggris secara gratis.

Situs english-test.net menyediakan berbagai macam fasilitas seperti soal-soal latihan, guide untuk pembelajaran bahasa Inggris, contoh-contoh esai yang mirip dengan esai pada tes TOEFL, flashcard, practice test, juga forum untuk berdiskusi.

Latihan-latihan soal yang disediakan juga difasilitasi dengan pemberian nilai, sehingga Anda bisa memperkirakan sendiri sejauh apa kemampuan TOEFL Anda sudah berkembang.

Di samping tes-tes yang disediakan, situs ini juga menyediakan artikel-artikel yang menjelaskan grammar secara runut.

6. Testmagic.com

Situs ini menyediakan pula contoh-contoh soal latihan tes TOEFL, terutama untuk structure dan reading.

Dalam situs testmagic.com, terdapat 210 soal-soal contoh structure yang dibagi menjadi 10 soal per bagian. Setelah menjawab keseluruhan soal, jawaban akan langsung dinilai dan ditampilkan beserta dengan perkiraan skor TOEFL.

Untuk bagian reading, terdapat 2 bagian dengan total 48 soal yang bisa pula Anda kerjakan sebagai latihan untuk meningkatkan skor TOEFL.

Selain itu, dalam situs ini terdapat contoh mengenai beberapa topik esai pada TOEFL dan juga penjelasan-penjelasan atas pertanyaan dalam beberapa buku TOEFL.

7. Toeflibtcourse.com

Satu lagi situs yang menyediakan latihan-latihan soal secara online. Dalam situs toeflibtcourse.com, pengunjung disediakan contoh latihan secara menyeluruh, mencakup reading, listening, speaking, dan writing.

Untuk bagian reading, terdiri dari 4 bagian dengan 39 pertanyaan yang harus diselesaikan dalam waktu 1 jam.

Dalam bagian listening, ada 6 pembicaraan yang digunakan untuk menjawab 34 pertanyaan dalam waktu 45 menit.

Sementara itu, pada bagian speaking, Anda akan diminta respon mengenai 2 percakapan, 2 lectures, dan 2 pembicaraan dalam topik akademik.

Yang terakhir, dalam bagian writing terdapat 2 bagian yang menguji kemampuan Anda merangkai kata dalam bahasa Inggris.

Karena hanya terdiri dari satu buah contoh keseluruhan tes TOEFL, ada baiknya Anda mencoba contoh tes keseluruhan ini saat sudah benar-benar belajar dan merasa yakin untuk memprediksikan nilai.

Namun jika masih ingin belajar, ada baiknya untuk mencoba tes yang sudah dibagi per sesi saja yang jumlahnya lebih banyak.

Itulah 7 situs yang dapat Anda digunakan untuk belajar TOEFL. Setelah rutin membuka dan berlatih di situs-situs tersebut, bersiaplah mengambil tes untuk hasil yang memuaskan.

7 Situs untuk Belajar TOEFL Secara Gratis