4 Nama Musim dalam Bahasa Inggris dan Contoh Kalimatnya

Berbeda dengan negara-negara tropis, negara-negara barat memiliki 4 musim yaitu panas, gugur, dingin, dan semi. Tahukah Anda keempat musim tersebut dalam bahasa Inggris?

Jika tidak tahu, Anda datang ke tempat yang tepat. Di artikel ini Anda akan mengetahui 4 nama musim dalam bahasa Inggris. Tak hanya itu, Anda juga akan mengetahui hal-hal yang biasa orang lakukan setiap musimnya.

Menarik, bukan? Mari kita mulai.

1. Summer (Musim Panas)

Ilustrasi summer

Summer dialami oleh bumi bagian utara seperti di Amerika Serikat dan Eropa selama sekitar 3 bulan, yaitu dimulai dari sekitar tanggal 20 Juni hingga tanggal 21-22 September setiap tahunnya.

Musim panas biasanya adalah musim yang cukup bersahabat, terutama untuk negara-negara bagian Eropa karena matahari akan bersinar dengan cerahnya.

Beberapa hal yang biasa dilakukan orang saat summer adalah:

  • Berlibur ke Pantai. Terutama orang Eropa sangat jarang sekali mendapatkan sinar matahari yang melimpah. Tak heran, ketika musim panas tiba, pantai langsung dipenuhi wisatawan yang ingin menjemur badannya.
  • Datang ke Festival Musim Panas. Cuaca yang sangat mendukung untuk bepergian keluar rumah membuat para penyelenggara festival memilih musim panas untuk menggelar acara mereka.

Contoh penggunaan kata summer di dalam kalimat :

  • I plan to travel to Bali next summer with my whole family. [Musim panas nanti saya berencana berlibur ke Bali bersama seluruh anggota keluarga.]
  • Summer is my favorite season, because I do not need to wear such thick clothes. [Musim panas adalah musim favorit saya, karena di musim panas saya tidak perlu mengenakan pakaian yang terlalu tebal.]
  • Have you watched ‘500 Days of Summer’? [Sudahkah kamu menonton film ‘500 Days of Summer’?]

2. Fall/Autumn (Musim Gugur)

Ilustrasi musim gugur

Fall atau autumn berarti musim gugur. Fall digunakan dalam kalimat bahasa Inggris Amerika, sementara Autumn digunakan dalam bahasa Inggris British.

Musim gugur merupakan musim peralihan dari musim panas ke musim dingin. Musim ini berlangsung pada bulan September hingga permulaan musim dingin pada akhir November atau awal Desember, untuk belahan bumi bagian utara.

Hal yang paling mencolok dari musim gugur biasanya adalah warna daun peophonan yang mulai berubah menjadi warna cerah seperti merah, oranye, kuning yang kemudian berguguran sehingga membuat suasana sangat cerah dengan cuaca yang mulai sejuk hingga dingin.

Beberapa hal yang biasa dilakukan orang saat musim gugur :

  • Berjalan-jalan Melihat Daun Berguguran. Musim gugur adalah saat yang tepat pula untuk berjalan-jalan melihat daun berguguran yang warnanya sangat cantik. Ada pula orang yang hobi mengoleksi daun-daunan yang warna dan bentuknya indah untuk dijadikan hiasan.
  • Memanen Buah-Buahan. Saat musim gugur, banyak pula orang mulai memanen buah-buahan di negara empat musim, seperti apel, anggur dan pir.
  • Berfoto Bersama Orang Tercinta. Musim gugur juga banyak dimanfaatkan oleh banyak keluarga untuk mengambil foto, karena cuaca yang tidak terlalu panas serta kondisi lingkungan yang sedang sangat indah. Foto ini kemudian bisa dijadikan kartu ucapan Natal dan Tahun Baru untuk musim dingin kelak.

Contoh penggunaan kata fall/autumn di dalam kalimat:

  • My college starts on next fall, so I need to prepare for it. [Masa perkuliahan saya dimulai pada musim gugur yang akan datang, jadi saya harus mempersiapkannya dengan baik.]
  • I love the autumn season, it’s when I can see the maple leaves change their color to red. [Saya suka musim gugur, ketika warna daun maple berubah menjadi warna merah.]
  • What are you going to do on this fall period? [Apa yang akan kamu lakukan pada periode musim gugur ini?]

3. Winter (Musim Dingin)

Ilustrasi winter

Winter dimulai pada bulan Desember hingga Februari. Salah satu yang paling menonjol dari musim dingin adalah salju yang membuat seluruh permukaan tanah tertutupi dengan warna putih bersih.

Walaupun cuaca sangat dingin, dan suhu bisa cukup ekstrim hingga mencapai dibawah 0 derajat celcius, namun tidak menutup kemungkinan untuk beraktivitas di luar rumah.

Berikut merupakan beberapa aktivitas yang biasa orang  lakukan saat musim dingin:

  • Bermain Ice Skating atau Ski. Pada musim dingin, kebanyakan danau akan membeku dengan ketebalan es di permukaan danau sekitar 20 cm, sehingga memungkinkannya menjadi tempat meluncur untuk para pecinta ice skating. Sementara itu, di daerah pegunungan dengan ketinggian tertentu, orang bisa mulai bermain ski.
  • Bermain dengan Salju. Salju yang turun biasanya menjadi hal yang menyenangkan bagi anak-anak. Mereka akan berlomba-lomba membuat boneka salju dan terkadang bermain perang bola salju.
  • Minum Alkohol. Pada saat winter, konsumsi alkohol mulai bertambah, bukan untuk tujuan mabuk, namun lebih kepada untuk menghangatkan badan. Bahkan di negeri Rusia yang temperaturnya hampir selalu dibawah 0oC, vodka sudah menajdi minuman normal sehari-hari untuk menghangatkan tubuh.

Contoh kalimat dengan kata winter:

  • Christmas and New Year in Germany comes on the winter season. [Hari Natal dan tahun baru di Jerman tiba pada saat musim dingin.]
  • Last winter, i learn how to slide on ice using ice skating shoes. [Musim dingin kemarin saya belajar bagaimana caranya meluncur di es menggunakan sepatu ice skating.]
  • I have not seen you since winter! [Saya belum melihatmu semenjak musim dingin lalu!]

4. Spring (Musim Semi)

Ilustrasi musim semi

Spring merupakan peralihan dari musim dingin kembali menuju musim panas. Musim semi biasanya dimulai pertengahan Februari hingga Mei.

Musim semi juga seringkali ditunggu-tunggu orang karena cuaca tidak lagi terlalu dingin dan juga tidak panas. Musim ini biasanya menjadi musim bagi bunga-bunga untuk bermekaran, sehingga dinamakan ‘semi’ karena bunga sedang bersemi.

Pada musim semi, walaupun tidak lagi sedingin musim dingin, cuaca masih cukup dingin dan juga seringkali hujan. Baru ketika mendekati bulan-bulan musim panaslah, hujan mulai semakin jarang dan bunga mulai banyak bermekaran.

Beberapa hal yang dapat dilakukan saat musim semi :

  • Piknik di Bawah Pohon Sakura. Pohon sakura khas Jepang akan mulai mekar ketika musim semi datang. Bunga cantik berwarna merah muda ini memang dapat menarik banyak wisatawan untuk berfoto di bawahnya. Tidak hanya di negeri Jepang, beberapa tempat di Eropa juga memiliki pohon sakura yang akan mekar serentak ketika saatnya tiba pada musim semi.
  • Berkebun. Musim semi adalah saatnya bunga-bunga rajin mekar. Oleh karena itu, banyak orang memanfaatkan masa-masa ini untuk berkebun dan mempercantik halaman rumah.

Contoh kalimat menggunakan kata spring :

  • When spring in Japan has come, I and my family used to go picnic under the Sakura. [Saat musim semi di Jepang datang, saya dan keluarga biasanya akan pergi piknik di bawah pohon sakura.]
  • I love to see the flowers blooming in my garden on spring. [Saya suka melihat bunga di taman bermekaran ketika musim semi datang.]
  • This spring I plan to make some changes for a better life. [Pada musim semi kali ini saya akan membuat sedikit perubahan demi hidup yang lebih baik.]

Itulah 4 nama musim dalam bahasa Inggris beserta penjelasan dan contoh kalimatnya. Semoga bermanfaat bagi Anda.

4 Nama Musim dalam Bahasa Inggris dan Contoh Kalimatnya