11 Kiat Meningkatkan Skor TOEFL Anda

Di zaman sekarang, kemampuan bahasa Inggris diperlukan untuk mendapatkan pekerjaan atau melanjutkan pendidikan ke S2 dan S3 (di dalam maupun di luar negeri). Bukan hanya itu, kemampuan ini diperlukan juga untuk memahami beragam hal karena bahasa Inggris merupakan bahasa universal yang digunakan orang untuk berkomunikasi secara global.

Salah satu pengakuan atas kemampuan bahasa Inggris adalah skor TOEFL. Semakin tinggi skor TOEFL, semakin baik kemampuan bahasa Inggris seseorang. Tak heran, banyak orang yang berusaha meningkatkan skor TOEFL-nya.

Apakah Anda salah satu dari mereka? Berikut 11 kiat yang dapat Anda coba untuk meningkatkan skor TOEFL Anda secara signifikan.

1. Familiar dengan Format Soal

Hal pertama yang paling penting dilakukan sebelum mengambil tes TOEFL adalah membuat diri Anda familiar dengan format soal yang akan diberikan.

Anda dapat mempelajarinya dengan bermodalkan buku TOEFL atau beberapa situs yang menawarkan contoh-contoh soal secara gratis.

Salah satu penyebab orang stres saat menghadapi ujian adalah karena persiapan yang kurang matang dan tidak menduga akan seperti apa ujian yang dihadapinya.

Oleh karena itu, sangat penting latihan sebanyak-banyaknya dan mencermati format TOEFL sesuai jenis yang akan diambil, apakah itu paper-based TOEFL, CBT TOEFL, atau iBT TOEFL.

2. Cermati Target Skor

Anda bisa jadi merupakan salah seorang yang mengambil TOEFL dengan tujuan ingin melanjutkan pendidikan di institusi tertentu atau untuk kebutuhan lainnya yang mematok minimal skor TOEFL.

Cermati target skor yang dibutuhkan, kemudian Anda bisa berkonsultasi pada institusi penyelenggara TOEFL, sebaiknya berapa lama Anda harus belajar sehingga dapat mencapai skor tersebut.

Jika Anda mengikuti TOEFL iBT, maka rentang skornya adalah 0-120, sementara untuk TOEFL iTP, rentang skor berkisar antara 310-677.

3. Pelajari Istilah Akademik

TOEFL sebenarnya ditujukan untuk mengukur kemampuan Anda agar dapat mengikuti pembicaraan sekelas universitas/college di Amerika.

Tidak heran, seringkali bahan soal berkutat pada sejarah, kesenian, dan ilmu pengetahuan umum yang pastinya menggunakan banyak istilah akademik,terutama pada bagian reading.

Untuk meningkatkan skor TOEFL, Anda dapat mencoba lebih berusaha mempelajari buku teks, ensiklopedia, jurnal, maupun artikel penelitian yang akan membuat Anda lebih familiar dengan bahasa yang digunakan di dunia akademik.

4. Practice Makes Perfect

Tidak ada hasil yang memuaskan tanpa usaha yang keras dibaliknya. Skor TOEFL bukan sesuatu yang sangat sulit untuk ditingkatkan. Dengan belajar lebih banyak, Anda bisa secara bertahap meningkatkan skor TOEFL.

Secara rutin, cobalah untuk terus berlatih dari berbagai sumber. Cobalah berbagai macam tes yang tersedia, dan ukur sendiri sudah sejauh mana kemampuan Anda.

Jika dirasa belum cukup, ada baiknya untuk menunda terlebih dahulu pelaksanaan tes hingga dirasa Anda cukup percaya diri untuk mendapatkan skor yang sudah ditargetkan.

5. Cari Mentor untuk Diri Sendiri

Terkadang belajar sendiri pun ada batasnya, dan tidak semua penjelasan mengenai jawaban latihan soal dapat dicerna dengan mudah.

Carilah mentor yang sudah berpengalaman dalam menaklukan TOEFL, akan lebih baik jika orang tersebut merupakan native speaker yang dapat diajak bekerja sama untuk berlatih speaking dan listening.

Dengan adanya mentor, Anda selalu mempunyai tempat bertanya saat ada kesulitan yang tidak dapat dijawan oleh buku teks. Anda juga menjadi lebih disiplin karena ada yang terus mengingatkan tentang kemajuan belajar TOEFL, sehingga tidak berhenti di tengah jalan atau terlalu sedikit kemajuannya.

6. Persiapkan Diri dengan Baik di Hari-H

Saat segala usaha untuk meningkatkan skor TOEFL sebelum tes sudah dilakukan, persiapkan diri menghadapi hari-H dengan baik.

Tenangkan diri sebelum masuk ke ruangan tes. Datanglah lebih awal untuk menghindari panik karena terburu-buru. Hal ini cukup penting karena jika seseorang gugup, ingatan akan hal-hal yang telah dipelajari tidak berjalan dengan baik.

7. Kerjakanlah dengan Sigap

Ilustrasi mengerjakan tes TOEFL

Perhatikan setiap instruksi yang diberikan, terutama mengenai alokasi waktu yang diberikan untuk menjawab soal.

Dalam banyak kasus, seseorang terlalu lama berkutat pada satu soal yang sulit sehingga soal-soal lainnya terabaikan, bahkan mungkin yang sebenarnya lebih mudah dikerjakan.

Sebaiknya, scanning (membaca sekilas dengan cepat) terlebih dahulu soal-soal yang akan dikerjakan dan perkirakan mana yang lebih mudah sehingga Anda tidak membuang waktu untuk soal yang cukup rumit.

Usahakan untuk menjawab semua soal yang diberikan, karena tidak ada sistem nilai minus untuk TOEFL. Jika Anda tidak mengetahui jawaban yang benar, untuk lebih memperbesar kemungkinan jawaban benar, eliminasi jawaban yang kira-kira salah dan pilih diantara yang kira-kira benar.

Bagaimanapun, dengan pilihan ganda 4 pilihan, ada 25% kemungkinan benar jika Anda setidaknya mencoba untuk menjawab, dan lebih tinggi lagi kemungkinannya jika sudah mengeliminasi jawaban yang pasti salah.

8. Beberapa Trik Pada Sesi Reading

Terdapat beberapa trik khusus untuk mengerjakan soal pada sesi reading. Sebelum tes, berlatihlah untuk membaca paragraf tanpa membuka kamus. Hal ini akan meningkatkan kemampuan Anda membaca secara komprehensif tanpa perlu mengetahui arti dari setiap kata.

Jangan membaca keseluruhan lalu kemudian membaca soal, dan mencari lagi jawabannya di paragraf. Lakukan skimming (membaca sekilas) terlebih dahulu pada paragraf, kemudian baca pertanyaan. Barulah cari jawaban pertanyaan tersebut dengan membaca secara lengkap untuk mendapatkan detailnya.

Biasanya selalu ada pertanyaan mengenai ‘main idea’ paragraf yang diberikan. Tinggalkan pertanyaan ini untuk terakhir dijawab setelah Anda selesai  menjawab pertanyaan lainnya dan mengerti garis besar ide tulisan pada paragraf.

9. Beberapa Trik Pada Sesi Listening

Untuk sesi listening, sebelum tes berlatihlah untuk hanya sekali mendengarkan rekaman, hal ini akan melatih telinga Anda agar dapat mendengarkan dengan menyeluruh setiap kalinya.

Selama tes berlangsung, jangan melihat pertanyaan-pertanyaan sebelumnya yang telah Anda jawab, karena hal ini akan mengganggu konsentrasi dan Anda akan kesulitan untuk menjawab pertanyaan yang sedang berlangsung.

Baca terlebih dahulu secara cepat pertanyaan yang diberikan, sehingga sudah tahu apa yang Anda cari dan ketika menemukan jawaban Anda tinggal memilihnya dalam pilihan jawaban.

10. Beberapa Trik Pada Sesi Speaking

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk sesi speaking. Sangat baik untuk mempergunakan waktu sebanyak-banyaknya sesuai yang tersedia, namun perlu dipertimbangkan jika Anda memerlukan beberapa waktu untuk berpikir terlebih dahulu sebelum memberikan respon.

Berikan kesimpulan singkat mengenai setiap hal yang telah Anda bicarakan. Gunakan kata-kata yang membuat Anda nyaman mengucapkannya, karena dengan pengucapan yang kurang baik akan mengurangi nilai Anda.

Jangan mencoba-coba menggunakan istilah yang Anda tidak begitu mengerti artinya, karena dikhawatirkan dapat terjadi penggunaan yang tidak sesuai yang malah akan mengurangi skor.

11. Beberapa Trik Pada Sesi Writing

Berikut merupakan beberapa trik untuk mendapatkan skor yang tinggi pada sesi writing. Ingat-ingatlah frasa yang telah dipelajari pada waku berlatih, tetap jaga agar tulisan Anda sederhana dan jelas maksudnya.

Berikan waktu beberapa saat untuk merencanakan apa yang akan Anda tulis. Daripada berhenti di tengah jalan karena kehabisan ide apa yang akan ditulis, perencanaan di awal selalu lebih baik.

Saat berlatih, temukan format yang paling sesuai dengan gaya menulis Anda, dan gunakan format tersebut setiap kali Anda menulis.

Gunakan contoh-contoh yang mendukung tulisan, serta gunakan istilah transisi untuk memudahkan tulisan Anda dibaca. Terakhir, jangan lupa untuk mengecek esai secara keseluruhan.

Itulah 11 kiat meningkatkan skor TOEFL yang dapat Anda coba demi meraih skor tinggi untuk tes kemampuan bahasa Inggris. Semoga cukup sederhana dan bermanfaat bagi Anda.

11 Kiat Meningkatkan Skor TOEFL Anda