5 Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis dalam Bahasa Inggris Secara Otodidak

Siapa pun Anda, entah itu pelajar, mahasiswa, karyawan, atau entrepreneur, memiliki kemampuan menulis dalam bahasa Inggris itu penting di zaman globalisasi seperti sekarang ini. Sebagai contoh, jika Anda mahasiswa, Anda dituntut bisa menulis abstrak penelitian Anda dalam bahasa Inggris.

Masalahnya, menulis dalam bahasa Inggris (writing) itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Saat menulis, sekarang ini Anda mungkin bingung dengan tenses apa yang harus digunakan. Barangkali juga Anda tidak tahu kosa kata (vocabulary) apa yang tepat. Bisa jadi Anda takut salah menulis.

Empat tahun lalu saya juga seperti itu. Namun, sekarang kemampuan menulis saya dalam bahasa Inggris sudah lebih baik.

Saya biasa menulis dalam bahasa Inggris dengan manajer akun program afiliasi bahasa Inggris yang saya ikuti. Saya juga berkali-kali menjual blog bahasa Inggris saya kepada pembeli bule.

Bahkan, saya sering mengirim email ke layanan pelanggan hosting luar negeri saat ada kendala teknis hosting blog yang saya gunakan.

Percaya atau tidak, saya meningkatkan keterampilan tersebut tidak dengan mengikuti kursus bahasa Inggris. Tidak juga menyewa guru bahasa Inggris privat. Namun, saya melakukannya secara otodidak.

Di postingan ini saya membagikan 5 cara yang saya lakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis dalam bahasa Inggris. Berikut kelima cara tersebut.

1. Membaca tulisan dalam bahasa Inggris setiap hari

Sejak awal 2012, setiap hari saya membaca tulisan dalam bahasa Inggris. Sebagian besar tulisan tersebut berasal dari blogger-blogger bule favorit saya seperti Darren Rowse (Problogger.net), Neil Patel (NeilPatel.com/blog), Pat Flynn (SmartPassiveIncome.com), dan Jon Morrow (SmartBlogger.com).

Dengan membaca tulisan-tulisan mereka, perbendaharaan kosa kata bahasa Inggris saya meningkat. Selain itu, saya juga dapat melihat pola penulisan penutur asli bahasa Inggris.

Atas dasar ini, saya menyarankan Anda untuk membaca tulisan-tulisan dalam bahasa Inggris sesering mungkin. Kalau bisa, Anda melakukannya setiap hari.

Tidak sulit mendapatkan tulisan-tulisan tersebut. Anda tinggal berlangganan blog-blog bahasa Inggris yang Anda sukai.

Dengan berlangganan, Anda mendapat kiriman tulisan terbaru ke email Anda. Nah, jika Anda bisa membaca email di telepon seluler Anda, membaca tulisan tersebut lebih enak, bukan?

Alternatif lain, Anda bisa berkunjung dan membaca situs-situs sesuai bidang Anda. Berikut beberapa situs yang bisa Anda coba.

  • Forbes.com (cocok untuk Anda yang suka bisnis)
  • ScienceDaily.com (cocok bagi pelajar atau mahasiswa yang ingin mengetahui perkembangan sains terbaru)
  • Mashable.com (cocok bagi Anda yang suka berita teknologi dan entertainmen)

Tidak suka dengan situs-situs di atas? Tidak masalah. Anda bisa membaca beragam artikel di surat kabar nasional berbahasa Inggris. Contohnya:

2. Mencari arti dan mencatat kata-kata bahasa Inggris yang tidak dimengerti

Saat saya membaca tulisan-tulisan berbahasa Inggris, saya sering menjumpai kata-kata yang tidak saya mengerti. Saya menggunakan Google Translate untuk mengartikan kata-kata tersebut karena lebih cepat dibanding menggunakan kamus cetak. Saya juga mencatat kata-kata asing tersebut di buku saku saya atau Evernote.

Jadi, saya menyarankan hal yang sama pada Anda. Selain itu, agar lebih rapi dan mudah dipahami, kelompokkan kata-kata yang baru Anda mengerti berdasarkan jenis katanya. Apakah termasuk kata kerja, kata sifat, atau kata keterangan?

Dengan mengelompokkannya, Anda akan lebih paham kata-kata bahasa Inggris sehingga dapat menggunakannya dengan tepat. Ingat, banyak orang lho yang tidak bisa membedakan mana kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan.

3. Pahami 4 tenses mudah terlebih dahulu

Salah satu bagian grammar yang sulit saya pahami adalah tenses. Mengapa? Karena ada 16 tenses yang harus diingat dan dipahami.

Nah, trik yang saya lakukan adalah fokus memahami 4 tense mudah terlebih dahulu. Setelah itu, saya memahami tense yang lain.

Anda dapat mencobanya juga. Berikut tabel 4 tenses yang perlu Anda pahami terlebih dahulu.

TenseContoh Kalimat dan Terjemahannya
Simple past tenseI wrote a business article yesterday. [Saya menulis sebuah arikel bisnis kemarin.]
Present tenseI write a business article. [Saya menulis sebuah artikel bisnis.]
Present continuous tenseI am writing a business article. [Saya sedang menulis sebuah artikel bisnis.]
Simple future tenseI will write a business article tomorrow. [Saya akan menulis sebuah artikel bisnis besok.]

Setelah paham simple tense, selanjutnya Anda setahap demi setahap memahami tense lain. Triknya adalah buat dulu kalimatnya dalam bahasa Indonesia, lalu buat dalam bahasa Inggris.

Lihat contohnya di bawah ini.

Bahasa IndonesiaBahasa InggrisTenses
Saya sedang menulis sebuah artikel bisnis ketika telepon berdering.I was writing a business article when the phone rang.Past continuous tense
Saya akan sudah menulis sebuah artikel bisnis pada pukul 10 pagi.I will have written a business article by 10 am.Future perfect tense
Saya telah menulis artikel bisnis sejak dua jam lalu.I have been writing a business article since two hours ago.Present perfect continuous

4. Berlatih menulis dalam bahasa Inggris sesering mungkin

Cara keempat yang saya lakukan adalah praktik menulis dalam bahasa Inggris sesering mungkin. Saya sering melakukannya ketika menjawab komentar pengunjung blog, memperbaharui status Facebook saya, dan mengirim email ke teman dekat.

Bukan hanya itu, saya juga menulis to do list harian saya dalam bahasa Inggris. Contohnya seperti ini:

  • Write Chapter 1 ebook about SEO
  • Finish Blogodolar’s post about how to write storrytelling
  • Call Deny to inform of writing coaching
  • Reply email questions from my readers
  • Do keyword research for my new niche blog

Jika Anda tidak seperti saya, Anda bisa berlatih menulis dalam bahasa Inggris dengan menuliskan kejadian-kejadian yang Anda alami. Anda dapat menuliskannya di buku saku, aplikasi teks di telepon seluler Anda, atau di laptop Anda. Tidak perlu panjang-panjang, 50 kata sudah cukup sehari.

Sebagai contoh, Anda kemarin pergi ke sebuah pusat perbelanjaan. Di toko buku ternama yang ada di pusat perbelanjaan tersebut, Anda membeli dua buku baru tentang pengembangan diri. Tanpa diduga, saat Anda keluar dari toko buku tersebut, Anda bertemu dengan mantan pacar Anda.

Nah, ubah pengalaman di atas ke dalam bahasa Inggris. Jangan takut salah. Yang penting Anda latihan menulis dalam bahasa Inggris. Semakin sering menulis, semakin baik pemahaman bahasa Inggris Anda.

5. Periksa kesalahan kosa kata dengan fitur Language MS Word

Saat menulis dalam bahasa Inggris, saya sering salah ketik atau lupa satu atau dua kata bahasa Inggris. Namun, itu tidak menjadi kendala karena saya memeriksanya kemudian dengan menggunakan fitur Language yang ada di Microsoft Word (MS Word).

Untuk itu, saat Anda menulis, jangan pusingkan dulu dengan kesalahan kata. Tulislah sebisa dan senyaman mungkin. Kesalahan ketik atau kesalahan kata dapat Anda perbaiki dengan menggunakan fitur Language MS Word.

Menulis dalam bahasa Inggris bukanlah bakat, namun sebuah skill yang dapat Anda tingkatkan dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, cobalah kelima cara di atas jika Anda ingin meningkatkan kemampuan menulis dalam bahasa Inggris secara otodidak. Selamat mencoba!

5 Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis dalam Bahasa Inggris Secara Otodidak